Report Abuse

Growing Umma

Pentingnya Belajar Tauhid Sebagai Jalan Keselamatan

Post a Comment
pentingnya belajar tauhid

 

“Bagaimana cara matahari mengatur sinarnya saat terbit sinar yang dipancarkan sangat lembut dan hangat, kemudian semakin meninggi posisinya maka sinarnya pun semakin panas dan ketika menjelang terbenang, sinarnya pun mulai merdup? Siapa yang mengaturnya?”

 

Assalamualaikum Umma! Apakah pertanyaan diatas pernah muncul di benak Umma? Atau mungkin pertanyaan yang serupa? Lalu sudahkan Umma menemukaman jawabannya?

Ya, mungkin banyak dari kita menjawab Allah SWT. Tapi pasti masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang memaksa logika untuk mencernanya, namun tidak ada jawaban yang bisa diluruskan. Karena ada ilmu yang tidak bisa dinalar dan dicerna oleh akal pikir, yaitu ilmu tauhid, pentingnya belajar tauhid.

 

Tauhid memang sesuatu yang sudah akrab di telinga kita. Namun tidak menjamin apakah kita benar-benar paham atau sudah bertauhid dengan benar. Padahal tauhid adalah pegangan pokok umat muslim dan penentu di kehidupan kita. Tauhid merupakan landasan bagi setiap amal yang dilakukan oleh seorang hamba. Menurut tuntunan Islam, tauhid merupakan jalan keselamatan yang akan mengantarkan manusia kepada kehidupan yang baik dan kebahagiaan yang hakiki di akhirat nanti.

 

Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui pentingnya tauhid agar kita bener-benar bisa menghidupkan dan menerapkan tauhid dalam kehidupan sehari-hari. Biidznillah, materi kajian Growing Umma pada tanggal 26 Agustus lalu adalah tentang tauhid yang berjudul “Selamat Dengan Tauhid”. Penasaran apa saja yang dibahas? Nih, Ummamin kasih sedikit ulasan dan ringkasan materinya. Check it out!

 

Sekilas tentang Kajian Growing Umma

Kajian Growing Umma adalah salah satu agenda Growing Umma yang dijadwalkan dua kali dalam sebulan dengan tujuan untuk mempelajari, memahami, mendalami serta menambah wawasan tentang ilmu agama islam. Juga sebagai booster iman agar semangat beribadah tidak melemah, Um. Istimewa sekali kan agenda Growing Umma?

 

Kajian ini diadakan di Telegram Group Growing Umma yang sifatnya khusus untuk memfasilitasi para Umma. Sudah pasti peserta kajian adalah para Umma member Growing. Jadi jika Umma ingin mengikuti kajian ini, silakan mendaftar menjadi member Growing Umma dulu ya, Um. Hehe.

 

Untuk pengisi kajian, Alhamdulillah, Growing Umma memiliki seorang expertise pegiat dakwah, yang sering disapa dengan Umma Sholahuddin. Umma yang memiliki nama asli Retno Ayu ini aktif dalam penyebaran dakwah, tidak sedikit juga kelas dakwah yang beliau buat. Sebenarnya, Umma Sholahuddin memumpuni dan pantas disapa dengan sebutan ustadzah, namun beliau menolak. Lebih suka, lebih nyaman dan terasa akrab jika disapa dengan nama panggungnya “Umma Sholahuddin”.

 

Mengenal dan Memahami Tauhid

Pengertian Tauhid

Secara Bahasa, tauhid berasal dari bentuk kata benda abstrak (Masdar) Wahhada – yuwahhidu – tauhidan. Wahadda artinya menjadikan satu sesuatu. Dalam arti lain sesutau satu yaitu sesutau yang berdiri sendiri dan tidka bersekutu dengan yang lainnya. Sedangkan tauhid secara syariat artinya mengesakan Allah SWT dalam beribadah. Maksudnya, menjadikan seluruh ibadah dan ketaatan hanya untuk Allah SWT semata.

 

Tauhid sendiri dibagi menjadi 3 yaitu:

pembagian tauhid

1. Tauhid Rububiyyah

Adalah pengakuan bahwa Allah adalah satu-satunya pencipta alam semesta beserta isinya, yang menatur segala urusan, menghidukan, mematikan dan memberi rezeki.

 

Mencakup keimanan pada 3 hal, yaitu beriman kepada kekuasaan Allah seperti menciptakan, mematikan, menghidupkan, memberi rezeki, dan lainnya. Kemudian iman kepada Qodho’ dan Qodar Allah dan iman kepada keesaan Dzat-Nya.

 

2. Tauhid Uluhiyyah

Adalah mengesakan Allah SWT sebagi satu-satunya tujuan segala tindakan dan perbuatan seorang hamba dalam rangka beribadah dan mendekatkan diri pada-Nya. Tauhid Uluhiyyah juga disebut Tauhid Ibadah yang mencakup 3 rukun yang harus ada pada diri seorang hamba, yaitu rasa cinta, harap dan rasa takut.

 

3. Tauhid Asma’wa Shifat

Adalah keyakiann tentang Allah SWT dalam hal nama dan sifat-Nya yang terdapat di dalam Al=Qur’an dan As-Sunnah dan disertakan dengan mengimanai makna-makna dan hukum-hukumnya (segala konsekuensinya).

 

Pentingnya Belajar Tauhid agar Selamat

pentingnya belajar tauhid
Berikut adalah alasan penting mengapa kita harus belajar tauhid dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karena Allah menciptakan kita untuk mentauhidkan-Nya

Sesuai dengan firman Allah SWT pada QA. Adz-Dzariyat: 56,

“Dan Aku tidak menciptakan jin dna manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.”

 

Tauhid adalah syarat masuk surga

Rasulullah bersabda “Barangsiaoa bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi_nya, juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya; begitu juga bersaksi bahwa ‘Isa adalah hamba Allah dan Rasul-nya, serta kalimat-Nya (yaitu Allah menciptakan Isa dnegan kalimat ‘kun’) yang disampaikan kepada Maryam dan ruh dari-Nya; juga bersaksi bahwa surga dan neraka benar adanya; maka Allah akan memasukkan-Nya ke dalam surga apa pun amalnya.” (HR. Bukhari, no. 3435 dan Muslim, no. 28)

 

Tauhid adalah sebab dihapuskannya dosa

Dalam hadits qudsi dari Anas bin Malik ra, Rasulullah saw bersabda, Allah SWT berfirman “Wahai anak Adam, jika engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi kemudian engkau tidak berbuat syirik kepada-Ku dengan sesuatu apa pun, maka Aku akan mendatangimu dengan ampunan sepenuh bumi itu pula.” (HR. Tirmidzi, no. 3540. Tirmidzi bahwa hadits ini hasan gharib. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

Tauhid adalah sebab datangnya ketenangan

Allah SWT berfirman “Dan barangsiapa yang betawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq: 3)

 

Amalan tidaklah diterima sampai seseorang bertauhid

Allah SWT berfirman, “Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Rabbnya.” (QS. Al-Kahfi: 110)

 

Tauhid sebab dilipatgandakannya pahala

Allah SWT berfirman, “Perumpamaan(nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir serratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqrah: 261)

 

Tauhid sebab hidayah dan rasa aman

Allah SWT berfirman pada QS. Al-An’am: 82, “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampurkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” 

 

Tauhid adalah sebab mendapatkan syafa’at Nabi SAW

Abu Hurairah ra berkata, ada yang bertanya kepada Rasulullah Saw, “Katakanlah wahai Rasulullah, siapa yang berbahagia karena mendapat syafa’atmu pada hari kimaat kelak?”. Nabi SAW menjawab, “Wahai Abu Hurairah, aku merasa tidak ada yang bertanya kepadaku tentang hal ini selain engkau. Yang aku lihat, ini karena semangatmu mempelari hadits. Yang berbahagia denga syafa’atku pada hari kiamat nanti adalah yang mengucapkan laa ilaha illallah dengan ikhlas dalam hatinya.” (HR. Bukhari, no.99)

 

MasyaaAllah, begitu pentingnya tauhid untuk kita ya, Umma. Dengan tauhid, kita meyakini Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Dan kebutuhan manusia untuk bertauhid sungguh jauh berada di atas kebutuhan duniawi, seperti makanan, minuman atau tempat tinggal. Kalau seseorang tidak makan atau minum, akibat terburuk yang dialami hanyalah sekedar kematian. Namun, kalau seseorang tidak bertauhid kapan dan dimana saja, dan pada saat itu dia meninggal dunia dalam keadaan musyrik, maka siksaan yang kekal di neraka sudah siap menantinya. Na’udzubillah..

 

Semoga dengan sedikit ulasan dan rangkuman materi kajian Growing Umma, kita semua semakin paham akan pentingnya tauhid. Semoga kita dimudahkan Allah untuk bisa memahami dan menghidupkan tauhid di kehidupan sehari-hari. Semoag kita juga diberi jalan untuk menyampaikan berita gembira ini lebih luas lagi. Aaminn..

 

Gimana Umma? Makin haus kan? Mau ikut kajian agama tema lainnya juga seperti kajian pentingnya tauhid ini? Yuk, jangan ragu lagi untuk bergabung dengan kami. Kami tunggu kehadiran Umma, sampai jumpa! Wassalamualaikum :)

Related Posts

Post a Comment