Report Abuse

Growing Umma

Stiker WhatsApp Karakter Muslimah dengan Canva

Post a Comment

 

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Apa yang terlintas dibenak Umma mendengar kata Canva? Pasti para member Growing Umma sedikit banyak sudah pernah mendengarnya bukan? Apalagi bagi umma yang doyan berselancar di sosial media. Lalu bagaimana mengenai Stiker Whatsapp Karakter Muslimah dengan Canva?


Sekilas tentang Umma Puput

Umma yang memiliki Puput Maulani Mariam yang merupakan seorang Sarjana Sains Terapan dari Teknik Telekomunikasi yang mendedikasikan waktunya sebagai istri dan umma untuk ananda Khalil yang saat ini berusia 4 tahun 8 bulan. Selain sebagai ibu rumah tangga, umma yang berdomisili di Bandung ini juga merupakan seorang penulis, lifestyle blogger, content creator serta entrepreneur sebagai pekerjaan paruh waktunya. Untuk lebih mengenal beliau bisa cek disini.

 

Mengupas tentang Canva

Jika ditilikan dari Wikipedia, Canva adalah  platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, infografik, presentasi dan konten visual lainnya secara online. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan yang tersedia dalam beberapa versi, web,iPhone, dan Android.

Umma Puput memberi judul “Sharing Ala Umma’ siang itu dengan “Mengupas Tentang Canva”. Umma Puput sempat ada udzur sehingga beliau hadir agak telat pada Grup WhatsApp Growing Umma. Namun kehadiran beliau beserta ilmunya ditunggu oleh seluruh member dengan sabar. Selepas mengucapkan salam dan menyapa para member, umma Puput memberikan file pdf dan video.

Umma Puput memaparkan bahwa aplikasi canva sangat menolong untuk membuat ilustrasi secara instan tanpa menggunakan jari secara langsung ataupun stylus pen. File pdf yang berjudul “EVERYTHING CANVA”  dengan huruf pink yang besar dengan beberapa text ballon. Text ballon tersebut ditautan pada video tutorial pada laman youtube beliau.

 

1.       Membuat Karakter Muslimah dengan Canva



Untuk membuat karakter muslimah dengan canva, pada video pertama umma Puput menggunakan shape yang telah disediakan Canva secara gratis, lalu beliau mengolah alias otak atik shape tersebut menggunakan pengaturan yang telah disediakan menjadi kepala, hijab, wajah, pakaian, anggota tubuh serta asesoris lainnya. Video pertama yang berdurasi 20 menit tersebut menunjukkan bagaimana umma Puput memodifikasi satu karakter muslimah menjadi beberapa tampilan atau style yang berbeda.

 

2.       Membuat Stiker WhatsApp Karakter Muslimah dengan Canva



Untuk video kedua, umma Puput memberitahu bahwa karakter yang telah dibuat sebelumnya dapat digunakan menjadi Stiker WhatsApp. Untuk metode kedua ini selain menggunakan aplikasi canva, beliau juga menggunakan website bantu untuk menghilangkan latar belakang gambar serta aplikasi Whatsapp Personal Sticker. Karakter yang sebelumnya sudah dibuat dapat ditambahkan teks yang menjadi ciri khas dari stiker whatsapp sesuai dengan kebutuhan.

Penambahan salam, sapa, ucapan penyemangat maupun ucapan terimakasih dapat diberikan. Setelah selesai, file karakter diupload pada website bantu untuk menghilangkan latar belakang dari file karakter. Proses selanjutnya file tanpa latar belakang dimasukkan pada aplikasi Whatsapp Personal Sticker. Taraa masyaallah maka kita bisa memiliki stiker whatsapp karakter muslimah dengan canva sendiri.

 

3.       Membuat Gambar Ilustrasi dengan Canva


Untuk video ketiga merupakan pengembangan untuk karakter yang sudah dibuat pada video pertama. Ilustrasi dibuat dengan menambahkan latar belakang, alas, perabot serta pemberian asesoris pada karakter muslimah yang sebelumnya telah dibuat pada video pertama. Pengaturan proporsi ukuran dan tata letak yang tepat merupakan kunci dari pembuatan ilustrasi ini . Umma puput pada video ini menunjukkan cara menata komponen menjadi ilustrasi yang cantik dan memanjakan mata.

 

4.       Membuat Template Feed Instagram



Pada video keempat, umma puput memberikan tutorial untuk menyusun postingan instagram yang tertata rapi. Mula-mula kita diarahkan untuk mengunduh template grid pada deskripsi video. Lalu masuk ke aplikasi canva untuk membuat proyek baru dengan ukuran 3240x5400 pixel. Ukuran tersebut untuk membuat 15 buah postingan dengan bentuk 3 baris 5 kolom. Lalu template grid ditambahkan yang berfungsi sebagai garis bantu untuk menyusun feed instagram agar setiap postingan terhubung satu sama lain. Setelah itu kita dapat mendesain dengan menambahkan komponen-komponen lain sesuai tema yang diinginkan. Lets the magic happen!, jargon beliau. Jika sudah selesai maka foto hasil desain bisa dipotong dengan aplikasi bantu agar siap dikirim pada instagram.

 

5.       Membuat Printable Planner dan Video

Pada text ballon selanjutnya member diarahkan pada halaman blog beliau yang mengupas mengenai membuat printable planner. Beliau memaparkan bahwa kegiatan umma bisa dimasukkan schedule log agar agenda penting dan prioritas tidak terlewat dan umma lebih terarah dalam mengelola waktu 24 jam sebagai diri sendiri, istri, ibu maupun menjadi komponen dalam masyarakat. Untuk text ballon terakhir beliau mengarahkan member pada video pendek yang dibuat menggunakan canva yang disimpan pada google drive.

 

Berkarya dari Rumah #dirumahsaja

Masyaallah ternyata berkarya sekarang dapat dilakuka dari rumah ya ummahat. Ummamin dengan mudah dapat memahami dan mempraktek ilmu yang beliau sampaikan. Hal tersebut dibuktikan dengan semangat para member saling membagi karya masing-masing pada grup whatapp paska ‘Sharing Ala Umma’. Bahkan salah satu member menerima pesanan untuk pembuatan stiker whatsapp karakter muslimah dengan canva.

Ummamin secara pribadi mengucapkan jazakillahu khair umma puput atas ilmunya. Jujur ilmu berikut seringkali diadakan pada kelas berbayar namun beliau memberikan secara cuma-cuma untuk para member Growing Umma. Semoga allah melimpahkan pahala dan keberkahan pada beliau. Ummahat yuk segera berkarya!

Jazakunallah khairan katsiran.

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Growing Umma
Sebuah ruang komunitas yang bercita-cita menjadi sahabat bertumbuh Umma bahagia dalam balutan taqwa.

Related Posts

Post a Comment