Report Abuse

Growing Umma

Adab Menuntut Ilmu

الرَّحِيم الرَّحْمَنِ اللَّهِ بِسْمِ

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Ilmu yang berkah adalah Ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Disisi lain seorang pembelajar wajib menerapkan adab sebelum menuntut ilmu untuk menyempurnakan keberkahan tersebut ~ Ummamin Growing Umma~

 

Alhamdulillahirobil alamin, pekan lalu Reborn Class Batch #2 Growing Umma telah dibuka. Serangkaian agenda ini akan dilaksanakan pada WhatsApp Grup (WAG).  Agendakan pertama ini mengangkat mengenai adab menuntut ilmu.

 

Sekilas Tentang Umma Retno

Umma yang memiliki nama lengkap Retno Ayu Kusminarni ini berdomisili di Bantul, Yogjakarta. Ibu dari dua orang putra ini merupakan ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah. Beliau aktif sebagai admin, penulis maupun pengajar pada grup dakwah. Pekerjaan utama beliau adalah profesional chef.

 

Definisi Ilmu

Ilmu dapat definisi dalam dalam narasi bermacam-macam. Ilmu merupakan bentuk kata dasar dari bahasa arab yang berarti persepsi atau pemahaman.

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana(QS 31:27)

"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224)

Keutamaan Menuntut Ilmu  

Adapun keutamaan salah satunya agar dapat masuk surga seperti hadist berikut

"Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim). Ilmu juga merupakan amalan yang bisa menambah timbangan kebaikan seperti pada hadist berikut "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do'a anak yang sholeh" (HR. Muslim no. 1631)

 

Adab dan Akhlaq Penuntut Imu

Seorang penuntut ilmu harus menghiasi dirinya dengan adab dan akhlak mulia. Dia harus mengamalkan ilmunya dengan menerapkan akhlak yang mulia, baik terhadap dirinya maupun kepada orang lain

 

"Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu" Imam Malik pada kaum Quraisy

“Allahummahdinii li ahsanil akhlaaqi laa yahdi li-ahsanihaa illa anta, washrif ‘anni sayyi-ahaa, laa yashrif ‘anni sayyi-ahaa illa anta [artinya: Ya Allah, tunjukilah padaku akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukinya kecuali Engkau. Dan palingkanlah kejelekan akhlak dariku, tidak ada yang memalinggkannya kecuali Engkau].” (HR. Muslim no. 771, dari ‘Ali bin Abi Tholib)

 

Adab Menuntut Ilmu

Adapun adab menuntut ilmu yaitu sebagai berikut:

1.       Meluruskan niat, menuntut ilmu ikhlas karena Allaah Subhanahu wa Ta'ala

2.       Berdoa kepada Allaah Subhanahu wa Ta'ala, memohon ilmu yang bermanfaat.

Doa Rasulullaah Shallallaahu alaihi wa Sallam sebelum menuntut ilmu "Ya Allah, berilah manfaat atas apa yang Engkau ajarkan kepadaku, ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahilah aku ilmu."

3.       Semangat dalam menuntut ilmu

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dua orang yang rakus yang tidak pernah kenyang: yaitu orang yang rakus terhdap ilmu dan tidak pernah kenyang dengannya dan orang yang rakus terhadap dunia dan tidak pernah kenyang dengannya." (HR. Al-Baihaqi)

4.       Tumbuhkan rasa selalu haus akan ilmu

5.       Tidak malu dalam menuntut ilmu, selama bukan dalam keburukan.

6.       Tidak sombong

"Dua orang yang tidak belajar ilmu: orang pemalu dan orang yang sombong" (HR. Bukhari secara muallaq)

7.       Menyimak, mendengarkan, memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan

"Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." (QS 7:204)

8.       Tenang saaat ilmu disampaikan, tidak memotong perkataan tanpa adab.

9.       Mengikat ilmu dengan tulisan.

10.   Hadir sebelum guru atau ustadz datang memberi ilmu atau pelajaran.

11.   Bila mendapat udzur (tidak bisa mengikuti) saat menuntut ilmu, maka wajib memberikan kabar dan alasan

12.   Fokus pada majelis atau kelas, agar tidka mudah terpengaruh akan gangguan di luar majelis.

13.   Jujur.

14.   Tidak membuat gaduh.

15.   Tidak mendebat ilmu yang disampaikan.

16.   Jika ada kesalahan dalam ilmu, maka menegur di belakang atau menegur dengan empat mata.

17.   Jangan lupa berterima kasih atas ilmu disampaikan.

18.   Bertaqwa kepada Allaah Subhanahu wa Ta'ala


Adab menuntut ilmu mencari keberkahan

 

Ilmu Allaah Subhanahu wa Ta'ala

Bagaimana ummahat, apakah selama ini kita sudah mengaplikasikan adab sebelum menuntut ilmu ? Setiap individu dari diri kita pasti diberikan kemudahan oleh Allaah Subhanahu wa Ta'ala untuk mengikat suatu ilmu tertentu. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa menguasai ilmu tanpa kuasa Allaah Subhanahu wa Ta'ala.

Ummamin sendiri diberi kemudahan mempelajari ilmu untuk menulis. Iya menulis dengan mengabarkan kegiatan Growing Umma website ini. Masih begitu banyak ilmu yang harus ummamin pelajari di satu bidang ini. So, ummahat terus belajar menimba ilmu dan jangan lupa tentang adab menuntut ilmu , sampai ketemu di surga.

 

Jazakunallah khairan katsiran.

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

 

Growing Umma
Sebuah ruang komunitas yang bercita-cita menjadi sahabat bertumbuh Umma bahagia dalam balutan taqwa.

Related Posts

Post a Comment